Tips-Tips Menghadapi Bulan Suci Ramadhan

Recommended:
Gak berasa ya , sebentar lagi kita akan menghadapi Indahnya bulan Ramadhan , di bulan yg mengharuskan kita sebagai seorang muslim untuk berpuasa ya pastinya pola makan juga turut berubah, meski bisa dibilang perubahan tersebut hanya temporer. Perubahan ini lebih banyak dialami sistem pencernaan kita, di mana sebelum berpuasa, sistem pencernaan bekerja ekstra keras, namun dengan berpuasa, kerja pencernaan menjadi berkurang, sehingga asam lambung dan enzim pencernaan pun ikut beristirahat.

Rasulullah SAW. bersabda: “Wahai umat manusia. Bulan yang mulia (Ramadhan) telah mengunjungi kamu, bulan penuh keberkahan. Suatu bulan yang di dalamnya terdapat suatu malam yang lebih berharga dari seribu bulan. Allah menjadikan puasanya suatu kewajiban (fardhu), sedangkan mengisi malam-malamnya dengan kebajikan-kebajikan dan pengabdian merupakan tathawwu’ (amal-amal sunat), yang amat bernilai.” (H.R. Ibnu Khuzaimah)

Ramadhan yang berkunjung sekali dalam setahun, tak salah lagi, dia merupakan suatu kesempatan bagi kaum muslimin mengejar dan berlomba dalam kebajikan. Ramadhan sebagai wadah penempa jasmani dan rohani, untuk menjadikan hidup bermanfaat. Karena itu perbanyaklah amal pagi dan petang, siang dan malam.

Adapun usaha menyantuni, mempermudah kesukaran orang lain, memudahkan yang mudah (tidak mempersukar) dan memperingan yang berat (tidak tambah diperberat), mendamaikan orang-orang bertengkar, membaca Al-Qur’an, bertasbih, bertahmid, bertakbir, berdo’a, memohon kebajikan kepada Allah SWT., mengembalikan orang yang sesat ke jalan yang benar, menunaikan tugas dengan tepat, menunaikan amanah dan bertanggung jawab, menahan diri dari mencerca dan berkata-kata yang mubazir, menahan nafsu dari keserakahan, tamak, rakus, sombong, iri hati, emosi dan berbagai sifat atau nafsu angkara murka, semuanya itu termasuk amal kebajikan yang ikut menghiasi dan memperindah Ramadhan bagi diri setiap orang yang berpuasa.

Begitu istimewanya Ramadhan ini, makanya kita perlu mempersiapkan diri dalam menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan. Rasulullah SAW. bersabda: “Barangsiapa yang menyambut kedatangan bulan Ramadhan dengan penuh kegembiraan, maka Allah mengharamkan jasadnya menyentuh api neraka.”

Kegembiraan menyambut bulan suci Ramadhan tidaklah ditunjukkan dengan kegembiraan material (fisik), seperti: menyambut Ramadhan dengan makanan yang serba mewah dan lengkap, bakar petasan, bahkan ada yang menyambut bulan Ramadhan dengan pesta pora yang tidak ada manfaatnya. Na’uzubillah. Namun, kegembiraan dalam menyambut bulan suci Ramadhan adalah dengan melatih diri (sehat fisik) dan berupaya untuk membersihkan jiwa (mental spritual) agar bisa maksimal dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan nanti.

Tips-tips menghadapi bulan suci ramadhan

  • Langkah 1.

Berdoalah agar Allah swt. memberikan kesempatan kepada kita untuk bertemu dengan bulan Ramadan dalam keadaan sihat wal afiat. Dengan keadaan sihat, kita dapat melaksanakan ibadah secara maksima di bulan itu, baik puasa, solat, tilawah, dan zikir. Dari Anas bin Malik r.a. berkata, bahawa Rasulullah saw. apabila masuk bulan Rejab selalu berdoa, ”Allahuma bariklana fii rajab wa sya’ban, wa balighna ramadan.” Ertinya, “ Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rejab dan Sya’ban; dan sampaikan kami ke bulan Ramadan.” (Riwayat. Ahmad dan Tabrani) Para salafus-salih selalu memohon kepada Allah agar diberikan kurnia bulan Ramadhan; dan berdoa agar Allah menerima amal mereka. Bila telah masuk awal Ramadhan, mereka berdoa kepada Allah, ”Allahu akbar, allahuma ahillahu alaina bil amni wal iman was salamah wal islam wat taufik lima tuhibbuhu wa tardha.” Ertinya, “Ya Allah, kurniakan kepada kami pada bulan ini keamanan, keimanan, keselamatan, dan keislaman; dan berikan kepada kami taufik agar mampu melakukan amalan yang engkau cintai dan redhai.”

  • Langkah 2.
Bersyukurlah dan puji Allah atas kurnia Ramadan yang kembali diberikan kepada kita. Al-Imam Nawawi dalam kitab Adzkar-nya berkata, ”Dianjurkan bagi setiap orang yang mendapatkan kebaikan dan diangkat dari dirinya keburukan untuk bersujud kepada Allah sebagai tanda syukur; dan memuji Allah dengan pujian yang sesuai dengan keagungannya.” Dan di antara nikmat terbesar yang diberikan Allah kepada seorang hamba adalah ketika dia diberikan kemampuan untuk melakukan ibadah dan ketaatan. Maka, ketika Ramadan telah tiba dan kita dalam keadaan sihat wal afiat, kita harus bersyukur dengan memuji Allah sebagai bentuk syukur.
  • Langkah 3.
Bergembiralah dengan kedatangan bulan Ramadan. Rasulullah saw. selalu memberikan khabar gembira kepada para sahabat setiap kali datang bulan Ramadan, “Telah datang kepada kalian bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu Allah membuka pintu-pintu syurga dan menutup pintu-pintu neraka.” (Riwayat Ahmad). Salafus-salih sangat memperhatikan bulan Ramadan. Mereka sangat gembira dengan kedatangannya. Tidak ada kegembiraan yang paling besar selain kedatangan bulan Ramadan kerana bulan itu bulan penuh kebaikan dan turunnya rahmat.
  • Langkah 4,
Rancanglah agenda kegiatan untuk mendapatkan manfaat sebesar mungkin dari bulan Ramadhan. Ramadhan sangat singkat. Kerana itu, isi setiap detiknya dengan amalan yang berharga, yang dapat membersihkan diri, dan mendekatkan diri kepada Allah.
  • Langkah 5.
Bertekadlah mengisi waktu-waktu Ramadan dengan ketaatan. Barangsiapa jujur kepada Allah, maka Allah akan membantunya dalam melaksanakan agenda-agendanya dan memudahnya melaksanakan aktiviti-aktiviti kebaikan. “Tetapi jikalau mereka benar terhadap Allah, niscaya yang demikian itu lebih baik bagi mereka.” [Muhamad (47): 21]
  • Langkah 6.
Pelajarilah hukum-hukum semua amalan ibadah di bulan Ramadan. Wajib bagi setiap mukmin beribadah dengan dilandasi ilmu. Kita wajib mengetahui ilmu dan hukum berpuasa sebelum Ramadan datang agar puasa kita benar dan diterima oleh Allah. “Tanyakanlah kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui,” begitu kata Allah di Al-Qur’an surah Al-Anbiyaa’ ayat 7.
  • Langkah 7.
Sambut Ramadan dengan tekad meninggalkan dosa dan kebiasaan buruk. Bertaubatlah secara benar dari segala dosa dan kesalahan. Ramadan adalah bulan taubat. “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung.” [An-Nur (24): 31]
  • Langkah 8.
Siapkan jiwa dan ruhiyah kita dengan bacaan yang mendukung proses tazkiyatun-nafs. Hadiri majlis ilmu yang membahas tentang keutamaan, hukum, dan hikmah puasa. Sehingga secara mental kita siap untuk melaksanakan ketaatan pada bulan Ramadan
  • Langkah 9.
Siapkan diri untuk berdakwah di bulan Ramadhan dengan: seperti membuat catatan kecil untuk tazkirah tarawih serta selepas solat subuh dan zuhur serta membahagikan buku saku atau selebaran yang berisi nasihat dan keutamaan puasa.
  • Langkah 10.
Sambutlah Ramadan dengan membuka lembaran baru yang bersih. Kepada Allah, dengan taubatan nasuha. Kepada Rasulullah saw., dengan melanjutkan risalah dakwahnya dan menjalankan sunnah-sunnahnya. Kepada orang tua, isteri, anak, dan karib kerabat, dengan mempererat hubungan silaturrahim. Kepada masyarakat, dengan menjadi orang yang paling bermanfaat bagi mereka. Sebab, manusia yang paling baik adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.
Mas Kholiq
Judul : Tips-Tips Menghadapi Bulan Suci Ramadhan
Url : http://tulisan-menarik.blogspot.com/2010/08/tips-tips-menghadapi-bulan-suci.html
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Mas Kholiq
Bagikan ke teman :

43 comments Untuk Tips-Tips Menghadapi Bulan Suci Ramadhan

  1. SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA

    ReplyDelete
  2. keren tipsnya nih.. thanks :)
    tiada debu tanpa angin
    mohon maaf lahir dan batin
    marhaban ya ramadhan

    ReplyDelete
  3. Wah bener nih, sesuai title blognya tulisan menarik, benar2 bermanfaat nih artikel.

    Selamat menjalankan ibadah puasa ya mas, semoga sukses sampai lebaran nanti.

    ReplyDelete
  4. @Widget Facebook Mini marhaban ya romadhon

    ReplyDelete
  5. terimakasih atas tips"nya...
    slmat menunaikan ibadah puasa....

    ReplyDelete
  6. @etam grecek= semoga shurnya nggak kesiangan

    ReplyDelete
  7. Kunjungan balik tuk maaf2an...

    Met Menjalankan Ibadah Puasa 1431 H.

    ReplyDelete
  8. Tips yg sangat bermanfaat..slamat menunaikan ibadah puasa...

    ReplyDelete
  9. Tips yg sangat bermanfaat..slamat menunaikan ibadah puasa...

    ReplyDelete
  10. Selamat malama mas,
    Tip2 yang berharga untuk mempersiapkan diri kita ibadah dibulan Ramadhan. Selamat berpuasa ya.
    Saya sudah follow blog anda di Google Friend Connect. Follow balik ya.

    multibrand.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Tips nya sngt bermanfaat,trima ksh tlah berkunjung kawand.Aq mampir sekalian follow

    ReplyDelete
  12. tips nya bnyak kali yah,,hihihi,,, tapi sangat bermanfaat,,semoga ane bisa menjalaninya,,amin ^^

    ReplyDelete
  13. Thanks tipsnya.
    Selamat menjalankan ibadah puasa kawan

    ReplyDelete
  14. ... Marhaban ya ramadhan ...
    Mas kholiq salam kenal, dan selamat berpuasa mga ìni awal persahabatan...

    ReplyDelete
  15. terima kasih sob atas kiat - kiatnya....SEMANGAT BERPUASA ^_^

    ReplyDelete
  16. selamat menjalankan ibadah puasa kawan, saya senantiasa mengingat tips-tips diatas...

    ReplyDelete
  17. @ H. Nizam =oke langsung akan saya follow,,,,selamat puasa

    ReplyDelete
  18. Wah benar, manfaatkanlah waktu dibulan suci yang penuh berkah dan ampunan ini dengan sebaik-baiknya, mumpung kita masih diberikan kesempatan.
    semoga kita mendapatkan ridho Allah SWT.
    Bali Villas Bali Villa

    ReplyDelete
  19. ngububurit, + nguatin ukhuwah,slm knl dr aq blog tips ngeblog,panduan bisnis online n grafis...

    ReplyDelete
  20. selamat berbuka puasa.. Alhamdulillah nikmatnya berbuka semoga puasa kita menjadi pahala :)

    ReplyDelete
  21. @david:salam kenal juga,,salam blogger mania

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum sob... linknya dah aku pasang ya??? Thanks...

    ReplyDelete
  23. jangan sampai kita melewatkan masa berkah yang hanya 1 bulan lamanya ini gan... :D

    ReplyDelete
  24. @Blog Keluarga by Budi Mulyono : thank juga,, jag persahbatan kita ,,,

    ReplyDelete
  25. @mixedfresh :semoga puasa 1 bulan penuuh

    ReplyDelete
  26. membaca istilah "menghadapi" kayak puasa musuh besar aja..:)

    oia, Kalo berkenan, ambil awardnya di INI BUKAN AWARD

    mohon maaf kalo ada salah. :)

    ReplyDelete
  27. Silahturami mas...!!! Makasi udah mo mampir ke tempatku, udah aku follow mas...!!! :)

    Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yg menjalankannya...!!! Mohon maaf lahir batin...!!!
    :D:D:D

    ReplyDelete
  28. @TUKANG CoLoNG:ya emang benar istilah"menghadapi" agak berkesan menakutkan padahal bulan puasa adalahbulan yang penuh barokah,,,, ;))

    ReplyDelete
  29. Asswrwb...tris ats tips2nya sob,...bnr2 bermanfaat, inilah bulan yg ditunggu2 umat muslim, smga sy bs bnr2 memperbaiki ibadah sy baik vertikal dan horisontal pd moment ini, dan mudah2an jg diberi Allah SWT kesempatan berikutnya...tq....success 4 u..!

    ReplyDelete
  30. @tiwi ya saya juga ingin memperbaiki ibadah saya dibulan ramadhan tahun ini salam persahabatan,,,,,

    ReplyDelete
  31. berkunjung sore sob, sekalian ngabuburit...
    selamat menjalan kan ibadah puasa sob

    ReplyDelete
  32. Kita manfaatkan puasa ini semaksimal mungkin!

    ReplyDelete
  33. bener bgt tuh tipsnya.. :D ..bulan ramadhan sbg bulan yg penuh berkah & rahmat ini..sgt baik utk merenungi langkah kita kedepannya agar lebih baik lagi..baik dlm hal beribadah ataupun urusan duniawi.. ;)

    ReplyDelete
  34. bNer ituw cUy...??
    dpet dar mana tu tips...

    ReplyDelete
  35. met menunaikan ibadah puasa :D

    ReplyDelete
  36. selamat menjalankan ibadah puasa.....semoga kita mendapatkan berkah dibulan yang penuh ampunan ini dari Allah SWT.....amien

    Bali Villa Bali Villas

    ReplyDelete
  37. selamat menjalankan ibadah puasa.....semoga kita mendapatkan berkah dibulan yang penuh ampunan ini dari Allah SWT.....amien

    ReplyDelete

Bukan Tulisan Biasa!

Jangan dibaca!

 
Copyright © 2013. Blog Mas Kholiq | Tulisan Menarik™ - All Rights Reserved
Powered by Blogger