Upaya Mengurangi Dampak Kerusakan Lingkungan Hidup

Upaya Mengurangi Dampak Kerusakan Lingkungan Hidup Yang Diakibatkan Sampah Gelas Air Minum Dalam Kemasan Melalui Program 4 R - Air minum dalam kemasan menjadi pilihan paling praktis untuk menghilangkan rasa haus. Konsumsi berlebih terhadap plastik, pun mengakibatkan jumlah sampah plastik yang besar. Sampah kantong plastik dapat mencemari tanah, air, laut, bahkan udara. Sementara kita tahu bahwa tanah, air, laut, dan udara adalah komponen ekosistem yang harus dijaga keseimbangannya agar tidak terjadi kerusakan lingkungan hidup.

Kerusakan lingkungan hidup sekarang ini terjadi di hampir semua negara, terutama di negara-negara berkembang termasuk di Indonesia. Akibat yang paling menonjol adalah gangguan atau kerusakan pada berbagai ekosistem, sehingga terjadilah kepunahan varietas hayati yang hidup dalam ekosistem. Berdasarkan data-data tersebut di atas, penulis ingin mengembalikan keadaan lingkungan hidup kita dengan memberikan gagasan tentang bagaimana upaya mengurangi dampak kerusakan lingkungan hidup yang diakibatkan sampah gelas air minum dalam kemasan melalui program 4 R (Reuse, Recycle, Reduse, dan Repair) di masyarakat, dimana program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa sampah yang dihasilkan akan berdampak tidak baik bagi kelestarain lingkungan hidup, sehingga sebelum sampah itu betul-betul akan kita buang ke tempat sampah, kita harus mengupayakan semaksimal mungkin untuk memanfaatkan kembali, sehingga tidak terjadi penumpukan sampah di lingkungan kita.

Pengolahan sampah untuk mengurangi volume sampah dan mengubah sampah menjadi material yang tidak berbahaya dapat dilakukan mulai dari sumber penghasil sampah. Tujuan pengolahan sampah adalah mengkonversi sampah tersebut menjadi bahan yang berguna secara efisien dan ekonomis dengan dampak lingkungan yang minimal. Prinsip yang utama 4 R adalah Reuse artinya pakai ulang, Recycle artinya mendaur ulang barang bekas atau sampah, Reduse artinya mengurangi aktivitas atau menggunakan bahan-bahan yang menghasilkan sampah, dan Repair artinya usaha memperbaiki agar bisa digunakan kembali.

Hasil penulisan artikel dapat disimpulkan bahwa sampah dapat merusak lingkungan hidup kita, akan tetapi sebagai masyarakat yang peduli akan lingkungan, kita wajib membantu untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan hidup melalui program 4 R.
Pengelolaan dan penggolahan sampah jika diterapkan secara benar oleh masyarakat, maka lingkungan hidup di sekitar kita akan menjadi asri, sehat dan sedap dipandang mata sehingga sampah yang semula dianggap membawa kesengsaraan bagi masyarakat akan berubah menjadi kenikmatan bagi masyarakat.

3 comments :