Amalan - Amalan Bulan Sya'ban

Saudara-saudara seiman !!!
Amalan-Amalan Bulan Sya'ban - Beberapa minggu yang kemarin saya perna posting tentang Amalan-Amalan Bulan di rajab, sekarangkan bulan sya'ban jadi saya posting tentang Amalan - Amalan Di Bulan Sya'ban.

 Mari kita sambut bulan Ramadhan yang penuh berkah mulai bulan Sya’ban ini. Kita persiapkan diri kita baik fisik dan rohani untuk bulan yang penuh karunia tersebut.

Mempersiapkan rohani kita adalah dengan mulai mempelajari hal-hal penting yang perlu kita amalkan selama bulan tersebut. Kita buka kembali pelajaran fiqhus-syiyam kita, yaitu fikih berpuasa yang benar dan sesuai ajaran. Kita sadarkan diri dan kesadaran kita akan pentingnya bulan tersebut bagi agama dan keimanan kita.
Secara fisik, kita juga harus mempersiapkan diri di bulan ini dengan melatih diri memperbanyak ibadah dan khususnya puasa. Itulah salah satu hikmah kita dianjurkan memperbanyak puasa pada bulan Sya’ban ini. Dan di bulan Sya’ban ini juga ada malam nisfu sya’ban, yaitu malam pertengahan bulan Sya’ban. Lepas dari kuat tidaknya dalil mengenai amalam pada malam tersebut, namun malam itu bisa kita jadikan waktu pengingat kembali akan persiapan-persiapan kita dalam menyambut bulan Ramadhan yang penuh maghfirah. Berikut ini hadist-hadist seputar keutamaan bulan Sys’ban semoga bisa kita baca dan amalkan:
Anjuran Memperbanyak Puasa di Bulan Sya’ban

Dari Aisyah r.a. beliau berkata:”Rasulullah s.a.w. berpuasa hingga kita mengatakan tidak pernah tidak puasa, dan beliau berbuka (tidak puasa) hingga kita mengatakan tidak puasa, tapi aku tidak pernah melihat beliau menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali bulan Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau memperbanyak puasa selain bulan Ramadhan kecuali pada bulan Sya’ban”. (h.r. Bukhari). Beliau juga bersabda:”Kerjakanlah ibadah apa yang engkau mampu, sesungguhnya Allah tidak pernah bosan hingga kalian bosan”.

Usamah bin Zaid bertanya kepada Rasulullah s.a.w.:’Wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu memperbanyak berpuasa (selain Ramadhan) kecuali pada bulan Sya’ban? Rasulullah s.a.w. menjawab:”Itu bulan dimana manusia banyak melupakannya antara Rajab dan Ramadhan, di bulan itu perbuatan dan amal baik diangkat ke Tuhan semesta alam, maka aku ingin ketika amalku diangkat, aku dalam keadaan puasa”. (h.r. Abu Dawud dan Nasa’i).

Demikianlan Amalan-Amalan Bulan Sya'ban yang saya kutip dari blog teman saya www.aguszuhdi.co.cc semoga bermanfaat untuk kita semua.

8 comments :

  1. salam sahabat
    bismillahirohmanirrokhim semoga kita bisa mengamalkan dan istiqomah amien

    ReplyDelete
  2. salam sahabat juga mbak.....
    amiiiin...

    ReplyDelete
  3. mudah mudahan kita menjadi golongan orang yang bergembira menyambut datangnya bulan Ramadhan

    ReplyDelete
  4. ma kasih mas infonya
    salam kenal dari jember,,,,

    ReplyDelete
  5. jazakallah mas
    telah mengingatkan
    terasa cepat bentar lg masuk bln Ramadhan,

    ReplyDelete
  6. Assalamu`alaikum..salam ukhuwah..
    Ada dua perkara yang jika Anda Amalkan, Anda akan mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat: Menerima sesuatu yang tidak Anda sukai, jika sesuatu itu disukai Allah. Dan membenci sesuatu yang Anda sukai, jika sesuatu itu dibenci oleh Allah.”
    ..

    ReplyDelete
  7. Sayangnya, banyak orang yang melupakannya....

    ReplyDelete