Wisata air Waduk Gondang

Waduk gondang Wisata air Waduk Gondang - Waduk Gondang emang ga asing lagi...apalagi aku, aku sering mampir kerumah temanku yang rumahnyakan dekat dengan Waduk Gondang saat aku pulang sekolah namanya kak darsono Si kakak DA di sman 1 kedungpring ya sering di panggil ("juragan Pulsa"), makanya aku tahu betul dengan Wisata Waduk Gondang .

Selain sebagai sarana penampungan air bagi ribuan hektar sawah di Lamongan, Waduk Gondang di Lamongan jawa timur, juga menjadi tempat favourit untuk wisata air bagi keluarga dan para siswa yang tengah menikmati lburan panjang. Di samping bisa menikmati luasnya pemandangan air,Waduk Gondang juga menyediakan kebun binatang mini yang asri. Waduk yang terletak 19 Km kearah barat Lamongan. Tepatnya di desa Gondang Lor dan Deket Agung Kecamatan Sugio. Untuk menuju lokasi ini selain dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dapat juga menggunakan angkutan umum dari Lamongan menuju Gondang.

Wisata Waduk Gondang


Peresmiannya dilakukan oleh Presiden Suharto tahun 1987. waduk ini memiliki luas 6,60 Ha dengan kedalaman sekitar 29 meter.Selama 23 tahun lamanya, Waduk Gondang telah menjadi tumpuan bagi ribuan petani di Lamongan.

Ditempat Wisata yang penuh pepohonan ini, juga dilengkapi dengan sarana bermain anak-anak, bumi perkemahan, kebun binatang mini yang dihuni oleh Rusa, Orang Hutan, Kera, burung Garuda, Merak, Ular dan satwa lainnya. Di Waduk Gondang juga terdapat perahu wisata, sepeda air yang dapat digunakan untuk mengelilingi waduk sambil menikmati keindahan perbukitan dan pepohonan jati, serta sarana pemancingan bagi mereka yang gemar memancing.

Tidak jauh dari lokasi Waduk Gondang terdapat makam Dewi Sekardadu, putri Blambangan istri Kanjeng Maulana Iskak yang juga disebut Mbok Rondo Gondang merupakan ibu Jaka Samudra atau Sunan Giri. Ditemukan tahun 1911 dan dipugar tahun 1917 oleh pemerintah.

Oleh masyarakat Gondang dan sekitarnya, Makam Dewi Sekardadu dikenal sebagai Makam Mbok Rondo Gondang sebagai ibu dari Joko Samudro atau Sunan Giri. Makam yang terletak di tepi jalan sebelah timur Waduk Gondang ini ditemukan pada tahun 1911, kemudian dilakukan pemugaran pada tahun 1917
Sejak 9 tahun terakhir, pemerintah kabupaten Lamongan mengembangkan Waduk yang mampu menampung 25 Juta Meter Kubik air ini menjadi obyek wisata air yang menawarkan kesejukan. Obyek wisata ini, sangat cocok untuk wisata keluarga atau bagi para siswa yang tengah menikmati liburan panjang.

Salah satu fasilitasnya adalah perahu milik nelayan setempat yang siap mengantarkan para pengunjung menikmati luasnya Waduk Gondang dengan biaya 20 ribu rupiah. Apalagi, di tengah Waduk, para pengunjung bisa menyaksikan kesibukan nelayan lokal saat mencari ikan serta sejumlah bangunan keramba ikan milik petani setempat.

Debit air Waduk Gondang saat ini hanya berkisar 2 juta meter kubik akibat kurangnya curah hujan. Meski demikian, tak mengurangi pesona keindahan Waduk Gondang, bahkan terlihat makin ramai terutama pada sabtu dan minggu. Akhir-akhir ini tidak hanya pengunjung perorangan saja. Namun banyak pula rombongan keluarga yang datang untuk berwisata.

Disamping itu, Waduk Gondang juga menyediakan fasilitas kebun binatang mini yang binatangnya rata-rata merupakan sumbangan masyarakat setempat, seperti ular phiton, kera, burung, elang dan lain-lain yang banyak di sukai anak-anak.

Menurut salah seorang pengunjung, satu kelebihan Waduk Gondang adalah rindangnya pepohononan serta kesejukan yang terpancar dari air Waduk Gondang. “Sejuk dan asri”. Ujar Sri Wulandari asal Tuban.
Melihat antusiasnya masyarakat, pihak pengelola berencana menambah sejumlah fasilitas seperti penambahan koleksi hewan, area parkir serta menara yang memungkinkan para pengunjung melihat luasnya area pertanian di sekitar Waduk Gondang.

Mitos waduk Gondang 


Mitos yang pernah ada di kawasan waduk tersebut hampir dipercaya oleh masyarakat sekitar yaitu pengunjung Waduk Gondang di larang memakai pakaian berwarna merah. Menurut cerita dahulu setiap pengunjung yang memakai pakaian merah tiba-tiba menghilang di Waduk Gondang tersebut karena konon penunggu waduk yang berupa naga besar menyukai warna merah. Wallahualam. Semua kembali ke niat kita, asal niat kita baik dan tidak bermaksud mengganggu insya Allah, Allah SWT. akan selalu melindungi kita dimanapun kita berada. Amien.

Galeri Foto Waduk Gondang :


Itulah Seluk beluk Waduk Gondang Lamongan, semoga menamba wawasan anda dan dapat jadi sulusi tempat berlibur keluarga. baca juga wisata satu ini >==>>  Trans Studio Bandung

3 comments :

  1. BioSeven Online - INDONESIA
    JKT: (021) 502 88 232
    SBY: (031) 78 400 430 / 40 222 511
    Cell: 0888 0370 8872
    Email: biosevens@gmail.com
    Website: www.bioseven.net
    Green Environmentally Friendly Products

    BioSeven Fiberglass manufacturers: BIOSEPTIC TANK BioSeven ATAP PENERANGAN (ROOFLIGHT) FIBREGLASS BioSeven, TALANG AIR FIBERGLASS (GUTTER) BioSeven, LINING FRP BioSeven, PELAPISAN TANGKI BioSeven, BioSeven BRIDGE PLAYGROUND (JEMBATAN GANTUNG), WATER SLIDE (TANGGA PELURUTAN) FIBERGLASS BioSeven, BioSeven WATER BOOM & WATER PARK KIDS ZONE, BioSeven KIDS PLAYGROUND, BSV IRON METAL COATING BUNKBED (RANJANG SUSUN BESI) BioSeven, SEPTIC TANK (TANGKI SAPTIK-SEPITENG)-BIOTECH & BIOFIL TRATION, SEWAGE TREATMENT PLANT BioSeven, BIO STP IPAL RAMAH LINGKUNGAN BioSeven, STP ( SEWAGE TREATMENT PLANT ) BioSeven, WWTP ( WASTE WATER TREATMENT PLANT ) BioSeven, IPAL ( INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH ) BioSeven, WTP ( WATER TREATMENT PLANT ) BioSeven, GREASE TRAP-FAT TRAPPERS (SARINGAN PENJEBAK LEMAK) BioSeven, NEUTRALIZED TANK (TANGKI NETRALISASI) BioSeven, SEPTIC TANK SCREENER BOX (KOTAK PENYARING TANGKI SEPTIK) BioSeven, TANGKI REMBESAN-RESAPAN 3IN1, BioSeven BAKTERI PENGURAI, LAMELA-HONEY COMB-SARANG TAWON-TUBE SETTLERS BioSeven, BOLTED PANEL TANK (TANGKI PANEL BAUT) BioSeven, SQUARE (KOTAK) & CYLINDER (SILINDER-BULAT), ROOFTOP TANK (TANGKI ATAS-TANGKI ATAP) BioSeven, GROUND TANK (TANGKI TANAM) BioSeven, TALANG AIR FIBREGLASS BioSeven, TANGKI MINYAK SAYUR BioSeven, TANGKI AIR MODEL SILINDER BioSeven, TANGKI AIR (WATER STORAGE TANK) BioSeven, TANGKI KIMIA (CHEMICAL TANK) BioSeven, TOILET PORTABLE BioSeven, SHOWER PORTABLE BioSeven, WATER PROOFING BioSeven, RC TANK BioSeven, GAS TANK BioSeven, OIL TANK (TANGKI OLI) BioSeven, FISH TANK (BAK IKAN) BioSeven, FUEL TANK (TANGKI SOLAR) BioSeven, ARMY TANK BioSeven, REINFORCEMENT PLASTIC FRP KNOCK DOWN PANEL BioSeven, TANGKI FILTER FILTRATION TANK), BioSeven FRP MULTI MEDIA FILTER TANK,

    ReplyDelete
  2. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhib SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL.alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhib SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhib SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    ReplyDelete