Dua Setengah Juta Muslim Memulai Ibadah Haji 2010

Sedikitnya 2,5 juta umat Islam telah memulai ibadah haji tahunan tahun ini, Ahad, menuju ke sebuah tempat perkemahan di dekat kota suci Mekkah untuk mengikuti jejak perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW 14 abad lalu.

Melakukan perjalanan dengan berjalan kaki, dengan angkutan umum dan dengan mobil pribadi, para jemaah itu mengalir melalui sebuah gunung menuju ke sebuah lembah di Mina, sekitar tiga kilometer di luar kota Mekkah. Perjalanan itu sama seperti yang Nabi sendiri lakukan pada saat ibadah haji terakhirnya.

Haji, satu dari parade ketaatan agama terbesar di dunia berlangsung selama lima hari. Pada masa lalu ibadah itu telah diganggu oleh kebakaran, hotel ambruk, bentrokan polisi dengan pengunjuk rasa dan desak-desakan mematikan.

Menteri dalam Negeri Arab Saudi Pangeran Nayef bin Abdulaziz mengatakan, Rabu, kerajaan itu tidak dapat mengesampingkan serangan oleh kelompok regional Al Qaida, meskipun pasukan keamanan kerajaan itu telah siap untuk memerangi operasi seperti itu.

Al Qaida di Semenanjung Arab (AQAP) Ahad membantah mereka bermaksud untuk menyerang jama ah Muslim pada saat haji.

Islam sekarang dipeluk oleh seperempat penduduk dunia dan haji merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam yang sehat dan mampu melakukannya. Banyak orang menunggu selama bertahun-tahun untuk mendapatkan visa agar bisa naik haji.

"Saya tidak dapat menjelaskan perasaan saya berada di sini," kata Mahboob Bangosh, seorang jemaah Kanada dari Toronto asal Afghanistan.

Untuk meminimalkan risiko berdesak-desakan dan untuk mengurangi kemacetan di jalan, pemerintah untuk pertama kali mulai mengoperasikan kereta api buatan China yang akan berhenti di tempat-tempat haji.

Proyek jalan kereta api senilai 1,8 miliar dolar itu telah menyusuri jalan 18 kilometer panjangnya dan akan mengangkut 180.000 penumpang tahun ini, jelas Habib Zein Al Abideen, asisten menteri untuk urusan kotapraja dan pedesaan.

"Kami akan memiliki kapasitas 72.000 penumpang per jam tahun depan. Tahun ini kami mengoperasikan 35 persen kapasitas. Tahun depan kami dapat memiliki 500.000 hingga 600.000 penumpang," kata Abideen.

Karena kapasitasnya yang terbatas, kereta api itu tahun ini hanya akan membawa warga Arab Saudi atau negara Teluk lainnya, dan tahun depan baru akan terbuka bagi warganegara lainnya, ujarnya.

"Itu akan menjadi peningkatan besar. Harga tiket hanya berarti simbolis," kata Walid al-Mushawer, seorang jemaah Saudi.

Arab Saudi telah bekerja keras untuk meningkatkan fasilitas guna mempermudah aliran jemaah pada ibadah haji. Pada 2006, sebanyak 362 jemaah haji berdesak-desakan hingga meninggal dunia.

1 comments :

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhib SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL.alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhib SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhib SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    ReplyDelete